Artikel Kesehatan: 9 Tanda Tanda Fisik Kehamilan Awal pada Wanita

Inilah Tanda-tanda Pasti Kehamilan Dini yang Perlu Dikenali

Kehamilan merupakan sebuah anugerah yang dinantikan oleh setiap pasangan suami istri. Sebagian wanita kerap kali tidak merasa dari awal bahwa dirinya sedang hamil, apalagi jika tanda-tanda terlambat menstruasi belum terjadi. Pasalnya, sebagian besar wanita baru memastikan dirinya sedang hamil jika menstruasi tak kunjung datang.

Memang terlambat menstruasi adalah salah satu tanda awal kehamilan. Namun, ada beberapa tanda kehamilan dini lainnya yang kerap kali tidak diperhatikan oleh sebagian besar wanita lantaran hanya menjadikan telat menstruasi sebagai tanda umum atau patokannya. Nah, perlu kiranya setiap ibu memahami beberapa tanda pasti kehamilan semenjak dini. 

1. Mual dan Muntah
Keadaan yang kerap kali jadi bagian tanda penting kehamilan adalah mual dan muntah. Keadaan seperti ini biasnya berlangsung di pagi hari, meskipun juga dapat terjadi baik di siang ataupun malam hari. Sering merasa mual dan muntah ini membuat tubuh ibu pun menjadi lemas. Apabila sang ibu kerap kali merasa mual dan juga muntah, bisa jadi ini merupakan tanda dini kehamilan. 

Keadaan seperti ini biasanya mulai terjadi semenjak usia kehamilan memasuki 2 minggu. Terkait penyebabnya sendiri diperkirakan adalah terdapat hormon HCG yang ada di dalam tubuh mengalami peningkatan.

2. Terdapat Perubahan Pada Payudara

Pada kehamilan dini, payudara sang ibu akan mengalami beberapa perubahan yang antara lain adalah sensitif, membesar, hingga menimbulkan rasa nyeri yang cukup mengganggu. Payudara yang lebih sensitif dan mengalami pembesaran tersebut sendiri dikarenakan kelenjar susu yang terdapat di payudara telah mulai bereaksi membuat ASI. Sementara rasa nyeri yang timbul dikarenakan adanya pengaruh hormonal. Pembuluh darah vena yang terdapat di sekitar payudara akan muncul menandai sang ibu sedang hamil.

3. Sering Lelah

Pada awal kehamilan, para wanita akan merasa dirinya cepat kelelahan walaupun tak banyak aktivitas berat yang dijalani. Rasa lelah yang sering dialami oleh wanita pada awal kehamilan ini dikarenakan kinerja hormon progesteron yang mengalami peningkatan.

4. Sensitif Dengan Bau-bau Tertentu

Kinerja hormon progesteron yang meningkat pada saat kehamilan juga dapat membuat sang ibu pada kehamilan dininya lebih sensitif dengan bau-bau tertentu. Misalkan, bau parfum yang semula disukai oleh sang ibu, namun tiba-tiba saja menjadi bau yang tidak disukai dan membuat sang ibu merasa mual serta ingin muntah. Jika para ibu mengalami hal ini, bisa jadi merupakan tanda bahwa ibu sedang memasuki awal kehamilan.

5. Kram Perut

Tanda pasti kehamilan dini yang selanjutnya adalah kram perut. Kram perut yang sering dialami oleh para wanita di awal kehamilannya dikarenakan oleh penanaman sel telur di dalam rahim yang sudah mengalami pembuahan. Penanaman sel telur tersebut sendiri tejadi sekitar 8 hingga 10 hari usai ovulasi, atau kira-kira 4 hingga 6 hari sebelum menstruasi selanjutnya.

7. Suhu Badan Meningkat

Suhu badan yang mengalami peningkatan belum tentu dikarenakan adanya penyakit yang menyerang seorang wanita. Bisa jadi itu adalah tanda kehamilan dini. Ketika suhu badan ibu merasa meningkat hingga beberapa hari tak kunjung turun, hal itu tanda yang cukup besar jika sang ibu tersebut sedang hamil.

8. Sering Buang Air Kecil

Para ibu yang saat malam hari terus-terusan buang air kecil, bisa jadi hal tersebut merupakan satu tanda awal kehamilan. Pada awal kehamilannya, sebagian besar wanita akan mengalami tanda ini, sering buang air kecil, dimana hal itu dikarenakan peredaran darah yang ada di sekitar kandung kemih mengalami peningkatan serta terdapat pembesaran pada tekanan rahim.

Baca Juga: Ciri-Ciri Fisik Kehamilan Minggu Pertama

Sebelumnya para ibu harus mengetahui terlebih daulu mengenai perbedaan seringnya buang air kecil yang disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih, dengan sering buang air kecil lantaran pertanda awal kehamilan. Wanita hamil biasanya lebih sering infeksi namun tak menimbulkan gejala.

9. Tes Kehamilan Menunjukkan Positif

Tanda pasti kehamilan dini yang selanjutnya ialah tes kehamilan menunjukkan positif. Tanda yang satu ini lebih meyakinkan untuk mengetahui kepastian wanita yang sedang hamil. Memeriksa urin dengan menggunakan alat tes kehamilan tujuannya adalah mengukur hormon HCG yang terdapat pada air seni dengan kualitatif dan cukup untuk mengetahui terkait hormon kehamilan tersebut sudah bekerja atau belum pada tubuh wanita. Hormon HCG memiliki kadar yang lebih tinggi pada pagi hari sehingga lebih baik untuk menjadi waktu pemeriksaan urin menggunakan alat tes kehamilan.

0 Response to "Artikel Kesehatan: 9 Tanda Tanda Fisik Kehamilan Awal pada Wanita"

Post a Comment